Materi PPKn Tentang Macam-macam Ras Indonesia dan Ciri Fisiknya Berikut Penjelasan Lengkapnya

- 15 November 2021, 09:09 WIB
Ilustrasi Keberagaman Indonesia
Ilustrasi Keberagaman Indonesia /truthseeker

PRMN Metro Palembang News - KIta wajib bersyukur tinggal di inndonesia. Indonesia merupakan negara yang beragam mulai dari ras, suku, sampai agama.

Di dalam materi PPKn kita belajar tentang macam-macam ras Indonesia dan ciri fisiknya. Teman-teman bisa menyimak penjelasan macam-macam ras Indonesia dan ciri fisiknya pada artikel ini.
Artikel tentang macam-macam ras Indonesia dan ciri fisiknya bisa menjadi referensi kalian untuk belajar di rumah.

Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras.Manusia memiliki perbedaan ras dengan manusia lainnya karena adanya perbedaan bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, dan ciri fisik lainnya.

Perbedaan ras ini muncul karena sejarah kedatangan bangsa asing ke wilayah indonesia dan pengaruh kondisi geografis indonesia.

berikut ini kemajemukan ras yang ada di indonesia.
1. Ras Asiatic Mongoloid
Ras ini memiliki warna kulit kuning langsat. mereka memiliki mata yang sipit dengan bentuk wajah yang oval. biasanya rambut mereka hitam dan lurus. serta tinggi badan rata-rata 155 sampai 165 cm. Ras ini merupakan keturunan Tionghoa, Jepang, atau Korea.

2. Ras Malayan Mongloid
ras Malayan- Mongoloid berada di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Mereka memiliki ciri fisik wajah yang cenderung bulat dengan mata yang besar. berbeda dengan ras asiatic mongoloid, ras ini memiliki kulit sawo matang. Dengan tinggi 150-165 cm.

3. Ras Melanosoid
Ras Melanosoid biasanya tinggal di daerah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ras ini memiliki ciri fisik kulit yang berwarna coklat gelap sampai berwarna hitam. mereka memiliki postur tubuh yang tinggi sekitar 160-170 cm dengan rambutnya yang keriting. selain itu, mereka memiliki bibir yang cenderung tebal.

4. Ras Kaukasoid
Ras Kaukasoid merupakan orang keturunan India, Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Australia. Cirinya adalah berhidung mancung. mereka memiliki postur tubuh yang tinggi rata-rata 165-180 cm dengan warna kulit putih atau kuning langsat.

Dengan begitu dapat disimpulkan ras yang ada di indonesia sangat beragam. oleh sebab itu, kita harus memiliki kesadaran toleransi antar sesama manusia. supaya, kita bisa hidup damai berdampingan.

Halaman:

Editor: Mitha Setiani Asih

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah