Materi PJOK Cara Melakukan Langkah Kaki, Ayunan Lengan dan Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek

- 18 November 2021, 15:35 WIB
Materi PJOK Cara Melakukan Langkah Kaki, Ayunan Lengan dan Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek
Materi PJOK Cara Melakukan Langkah Kaki, Ayunan Lengan dan Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek / roxanawilliams1920

 

PRMN Metro Palembang News – Pada materi PJOK sebelumnya kita sudah belajar tentang pengertian atletik. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari salah satu cabang atletik yakni lari jarak pendek.

Perlombaan lari jarak pendek dalam dunia atletik sering disebut sebagai lari sprint atau lari cepat. Seorang pelari jarak pendek biasanya dipanggil dengan sebutan sprinter. Nomor lari jarak pendek yang diperlombakan pada event internasional, jika diadakan di lapangan terbuka (outdoor), meliputi nomor lari 100 m, 200 m, dan 400 m. Lari jarak pendek yang dilombakan di lapangan tertutup (indoor) meliputi, lari 50 m, 60 m, 200 m, 400 m.

Lari cepat ialah lari yang diperlombakan dengan cara berlari secepat-cepatnya (sprint) yang dilaksanakan di dalam lintasan lari menempuh jarak 100 m, 200 m dan 400 m. Lari cepat dapat dilakukan baik oleh pelari putra maupun putri. Di dalam lomba lari cepat setiap pelari tidak diperbolehkan keluar lintasannya masing-masing.

Berdasarkan itu, kita akan mengulas materi PJOK cara melakukan langkah kaki lari jarak pendek, cara melakukan ayunan lengan lari jarak pendek dan cara memasuki garis finish lari jarak pendek, yuk simak,

1. Cara melakukan langkah kaki lari cepat

Pertama kaki belakang diangkat dengan menolak atau menendang tanah lurus. Selanjutnya, lutut ditekuk agar kaki terangkat dan terayun ke depan. Perkenaan pertama pada tanah dengan menggunakan ujung kaki.

Kemudian kaki depan tadi dijadikan tumpuan kuat agar dapat mendorong kuat. Lanjutkan dengan melangkah dengan kaki belakang lain dengan menolak lurus.

2. Cara melakukan ayunan lengan lari jarak pendek

Saat melangkahkan kaki kanan secara kuat, maka tangan kiri juga akan mengayun kuat dengan bentuk sudut 90 derajat, ke arah atas menuju depan. Gerakan lengan ini tidak boleh kaku.

Halaman:

Editor: Mitha Setiani Asih

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini