Cara Mudah Mengenali, Mengatasi, dan Mengobati Depresi

- 21 Februari 2022, 12:25 WIB
Ilustrasi/ Depresi merupakan gangguan mental yang harus di tangani dengan tepat
Ilustrasi/ Depresi merupakan gangguan mental yang harus di tangani dengan tepat /Unsplash.com/Anthony Tran

Metro Palembang News - Saat seseorang mengalami depresi tak sedikit yang menyadari jika dirinya sedang mengalaminya.

Perubahan perasaan sedih yang terjadi terus menerus, tertekan dan kehilangan minat pada hal yang di senangi menjadi indikasi seseorang sedang mengalami depresi.

Depresi dapat menurunkan kualitas dan produktivitas seseorang dalam kehidupan kesehariannya.

Perasaan sedih berkepanjangan, tak berharga membuat penderita depresi kehilangan minat pada hal apapun termasuk pada hobi yang disukainya sekalipun.

Tingkat terparahnya, depresi menyebabkan kematian. Hal ini menjadikan depresi sebagai gangguan mental yang dapat membahayakan.

Depresi bisa di sebabkan karena tekanan batin berat penderita. Bisa terjadi karena masalah Keluarga, sosial, keuangan, pekerjaan hingga pendidikan.

Depresi tidak datang dalam waktu singkat. Biasanya terjadi dalam waktu yang konstan. Depresi bisa juga di sebabkan karena stress yang berlarut-larut yang tidak tertangani.

Depresi ringan bisa di tangani dengan konseling, sedangkan depresi kronis bisa di sembuhkan dengan melakukan konseling bersama psikiater dan obat yang di resepkan.

Jika di sekeliling terdapat seseorang yang cenderung murung dan menarik diri dari kerumunan cobalah untuk menanyakan perasaannya.

Sebaiknya dengarkan tanpa membandingkan, bahkan menghakimi. Di anjurkan untuk memberi saran serta menerima kondisi penderita.

Jangan sampai terjadi salah kaprah dalam mendampingi penderita. Jika merasa tidak mampu membantu baiknya sarankan penderita ke tenaga medis profesional.

Kesalahan dalam menangani dan membantu dapat menambah beban atau memperparah sakit yang di derita.

Jika merasakan dan menyadari hal yang sudah di sebutkan di atas, sebaiknya mencari tempat pertolongan untuk berbagi.

Jika tidak mampu atau tidak mempercayakan cerita karena hal tertentu, bisa dilakukan dengan mencari tenaga medis profesional atau psikiater terdekat.

Lakukan aktivitas rutin seperti berolahraga, mencoba membuka diri dan menerima diri jika terluka dapat mengurangi rasa sakit yang di rasakan pada batin.***

Editor: Muliyati

Sumber: Sehat Negeriku Kemenkes


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini