Profil Stefan Aktivis Tunarungu yang Mengkritik Mensos Tri Rismaharini Diacara Hari Disabilitas Internasional

- 3 Desember 2021, 08:55 WIB
Stefan (kiri) bersama Tri Rismaharini
Stefan (kiri) bersama Tri Rismaharini /YouTube/Kemensos RI

PRMN Metro Palembang News - Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapatkan kritik dari Stefan. Akibat tindakannya yang memaksa tunarungu berbicara di acara Hari Disabilitas Internasional pada Kamis, 2 Desember 2021.

Stefan perwakilan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Stefanus menyampaikan kritikannya bahwa penyandang tunarungu tidak bisa dipaksakan untuk berbicara.

Menurutnya karakter anak tuli atau tunarungu bermacam-macam tidak bisa disamakan. Jadi kemampuan bahasa isyarat yang digunakan penyandang tunarungu harus dihargai.

Mendengar kritik tersebut, Risma langsung menghampiri Stefan di lokasi. Risma mengatakan tindakannya meminta para penyandang disabilitas untuk berbicara di depan umum sebagai salah satu upaya untuk melatih kemampuan bicara.

Siapakah sosok Stefan yang mengkritik ibu Risma pada acara Hari Disabilitas Internasional 2021?

Pada artikel ini akan membahas profil Stefan. Berikut ulasan singkat profil Stefan lengkap perjalanan karier dan media sosial.

Nama lengkap Stefan adalah Stefanus Sinar Firdaus. Selain aktif di Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin).

Stefan juga aktif di berbagai komunitas tunarungu dan bahasa isyarat. Stefanus aktif di Pusat Bahasa Isyarat Indonesia sebagai juru bahasa isyarat.

Selain itu Stefan juga menjadi anggota penyelenggara Hari Bahasa Isyarat Internasional 2020 sebagai panitia publikasi dan media sosial.

Halaman:

Editor: Fahima Andini

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini