PRMN Bertemu Pimpinan KPU Bahas Pentingnya Partisipasi Pemilih Muda

- 1 Agustus 2022, 10:23 WIB
PRMN bertemu dengan KPU RI membahas pentingnya pemilih muda pada pemilu
PRMN bertemu dengan KPU RI membahas pentingnya pemilih muda pada pemilu /PRMN/

Metro Palembang News - Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) melakukan audiensi kepada Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis 28 Juli 2022.

Audiensi PRMN ini disambut baik oleh anggota KPU RI yang diwakili anggota KPU Yulianto Sudrajat dan August Mellasz.

Pada pertemuan kali ini Yulianto Sudrajat membahas pentingnya media sebagi arus utama agar dapat mengimbangi berita yang diproduksi di media sosial, terutama menangkal hoaks dan konten negatif.

Kejadian Pemilu 2019 bisa menjadi pelajaran bagi semua bagaimana maraknya informasi dan berita tanpa verifikasi berisi ujaran kebencian, SARA dan hoaks di platform media sosial.

Dikutip Metro Palembang News dari pikiran-rakyat.com dengan judul berita Bertemu Pimpinan KPU PRMN Tekankan Pentingnya Keikutsertaan Pemilih Muda di Pemilu 2022 Yulianto menyampaikan dibutuhkannya kolaborasi media sebagai arus utama untuk menjernihkan informasi.

"Saat ini siapa pun bisa memproduksi berita atau postingan dan menyebarkannya tanpa verifikasi ke semua medsos," ujar Yulianto.

Sementara gelombang informasi yang dikotori hoaks dan konten negatif merusak pikiran banyak orang, menimbulkan efek merusak yang luar biasa di dunia nyata.

"Bahkan Dewan Pers pun tidak dapat menjangkau konten-konten disinformasi atau konten menyesatkan milik perseorangan (di medsos) ini," kata Yulianto yang merupakan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah periode 2018-2023.

Dalam kacamata lebih luas Yulianto melihat persoalan hoaks, konten negatif, dan berita menyesatkan berkaitan erat dengan kedaulatan komunikasi di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Fahima Andini

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x