Keutamaan Salat Dhuha 2 Rakaat yang Muslim Wajib Tahu

- 10 Februari 2022, 03:43 WIB
Ilustrasi/ salat duha merupakan ibadah umat muslim yang dilaksanakan pada pagi hari
Ilustrasi/ salat duha merupakan ibadah umat muslim yang dilaksanakan pada pagi hari /Unsplash.com/Visual Karsa

Metro Palembang News - Selain Salat Subuh, salat Dhuha 2 rakaat juga ibadah yang biasa dilakukan di pagi hari oleh kaum muslim.

Salat Dhuha 2 rakaat memiliki keutamaan yang sangat dasyat.

Kaum muslim wajib mengetahui keutamaan salat Dhuha 2 rakaat agar semakin memaknai ibadah yang dilaksanakan.

Ibadah yang umumnya di lakukan pada pukul 7-11 pagi ini memiliki keutamaan.

Pertama, Segala dosanya di ampuni oleh Allah. Seperti yang sudah di sebutkan dalam hadis At-Tarmizi jika siapa saja yang membiasakan ibadah di pagi hari ini akan diampuni dosa-dosanya.

"Siapa saja yang membiasakan (menjaga) salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan," (HR At-Tarmizi )

Kedua, di cukupkan Rizkinya. Seperti yang sudah di sebutkan dalam hadis berikut: "Wahai anak adam, janganlah engkau luput dari 4 perkara di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rizki) di sepanjang hari itu," (HR Ahmad).

Sudah jelas di sebutkan dalam hadis bahwa Allah akan memberikan rizki pada hambanya yang melaksanakan 4 rakaat salat Dhuha.

Ketiga, sebagai bentuk taubat sesungguhnya. Di jelaskan pada hadis, "Hanya orang-orang bertaubat yang memelihara salat Dhuha karena salat duha adalah salatnya orang-orang yang bertaubat," ( HR Ibnu Khuzaiman dan Hakim).

Semua orang pastinya melakukan sebuah dosa setiap detiknya, sehingga dengan salat duha rutin akan mendatangkan rasa positif dan lebih dekat pada Tuhan.

Keempat, dipermudah segala urusannya. Sudah sangat di percaya bagi kaum muslim jika salat duha dapat mengabulkan hajat seseorang.

Misalnya ketika ingin di dekatkan kepada jodoh, rizki yang berlimpah atau kesehatan.

Hal ini sudah terbukti dan seringkali dilakukan saat seseorang mengalami masa sulit atau memiliki permintaan yang teramat sangat.

Terakhir, merupakan sunah Rasulullah Saw. Pada hadis di sebutkan bahwa Sayyidah Aisyah Radhiyallahu anha mengatakan jika Rasulullah melaksanakan salat Dhuha sebanyak 4 rakaat.***

Editor: Muliyati


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x