Alasan Nabi Muhammad SAW Memperbanyak Amalan Ibadah Puasa di Bulan Syaban

- 4 Maret 2022, 21:54 WIB
Ilustrasi amalan ibadah pada bulan Syaban
Ilustrasi amalan ibadah pada bulan Syaban /Pixabay

Metro Palembang News - Saat ini pada kalender tahun 1443 Hijriyah sudah memasuki bulan Syaban. Satu bulan lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa wajib di bulan suci Ramadhan.

Pada bulan Syaban 1443 Hijriyah ini bisa dijadikan untuk kita mencari bekal menguatkan iman agar semangat beraktivitas saat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Ketika mempersiapkan amalan di bulan Syaban akan merasakan perbedaan dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Ibadah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Syaban yaitu memperbanyak puasa.

Dikutip dari video akun YouTube Adi Hidayat Official. Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa di bulan Syaban.

Alasan Nabi Muhammad SAW memperbanyak ibadah puasa di bulan Syaban dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat di dalam videonya. Diriwayatkan oleh sahabat nabi Usamah bin Zaid para sahabat menanyakan kenapa Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa di bulan Syaban.

Keistimewaan bulan Syaban adalah semua amal ibadah yang kita kerjakan para malaikat melihat kemudian langsung menyampaikan kepada Allah SWT.

Maka, kata Nabi Muhammad SAW sangat menginginkan saat semua amal ibadahnya itu diangkat disampaikan kepada Allah SWT sedang dalam keadaan puasa.

Meningkatkan kualitas ibadah ketika tiba masa Syaban itu dan Nabi Muhammad SAW mencontohkan tingkat tingginya yaitu puasa.

Nabi Muhammad SAW terbiasa menunaikan puasa. Itu salah satunya rahasia terbesarnya diangkat dan disampaikan amalan langsung seorang hamba.***

Editor: Fahima Andini

Sumber: Adi Hidayat Official


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x