Arti Kata Klitih, Tindakan Kejahatan yang Dilakukan Remaja Merajalela di Yogyakarta

- 28 Desember 2021, 12:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Pixabay/Republica

Metro Palembang News - Tindakan klitih kembali merajalela di Yogyakarta. Netizen ramai naikkan tagar #YogyaTidakAman dan #SriSultanYogyaDaruratKlitih.

Persoalan klitih terjadi lagi di Yogyakarta. Masyarakat menganggap pemerintah Yogyakarta dak kepolisian tidak serius dalam memberantas klitih.

Tindakan brutal klitih ini sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat merasa tidak aman jika berpergian di jalanan Yogyakarta.

Netizen pun kompak menceritakan pengalaman mereka bagaimana seramnya dikejar rombongan klitih sambil memegang celurit dan senjata tajam lainnya.

Seperti cerita dari akun @kinderpoyy tangannya dibeset saat mengendarai motor di daerah underpass jakal. Selain itu, netizen juga ramai melarang masyarakat untuk datang ke Yogyakarta karena situasi yang tidak aman karena merajalelanya kelompok klitih.

Lalu, apa arti kata dari klitih yang meresahkan masyarakat Yogyakarta?

Dalam bahasa Jawa, klitih adalah suatu aktivitas mencari angin di luar rumah atau keluyuran. Kosakata yang mempunyai makna positif yang bisa diartikan juga sebagai jalan-jalan mengisi waktu luang.

Namun, pemaknaan klitih kemudian berkembang sebagai aksi kekerasan kejahatan jalanan dengan senjata tajam.

Klitih kini diartikan sebagai jalan-jalan sambil melukai orang tanpa sebab, tanpa motif. Mereka tanpa segan menyakiti orang-orang menggunakan senjata tajam.

Halaman:

Editor: Fahima Andini

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini