Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan

- 11 Maret 2022, 11:51 WIB
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan /Kemendikbud

Metro Palembang News - Halo adik-adik kelas 5, jika kamu sedang bingung mencari kunci jawaban Buku tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI halaman 16 Manusia dan Lingkungan, bisa simak hingga akhir.

Ayo perhatikan dengan seksama kunci jawaban buku tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan.

Pada kunci jawaban ini akan memuat soal beserta jawaban yang bisa membantu adik-adik kelas 5 mengerjakan tugas Tema 8 Subtema 1.

Semoga adik-adik bisa terbantu dengan adanya kunci jawaban buku tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan.

Berikut ini kunci jawaban buku tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 16 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan, yuk simak baik-baik.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.

1. Ceritakanlah secara singkat peristiwa pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”.
Jawaban: Rumah Betang uluk palin merupakan rumah khas Kalimantan Barat, berukuran dengan panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan memiliki 53 bilik rumah. Pada tahun 2007 rumah tersebut dihuni oleh sekitar 500 jiwa.

Rumah Betang ini sudah sangat tua, tahun dibangunnya tidak pasti kapan. Namun, rumah itu dibangun oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an. Rumah ini sempat tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan arus sungai akibat erosi.

Dalam tradisi Dayak, rumah betang—dan hutan—adalah pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan. Seperti jika kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak. Namun, pada September 2014 rumah ini kebakaran dan habis tidak ada sisa.

Halaman:

Editor: Khoirrotun Nissa

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini