Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 65 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

- 25 Maret 2022, 19:00 WIB
Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 65 Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 65 Subtema 2 Perubahan Lingkungan /Kemendikbud

Metro Palembang News - Halo adik-adik kelas 5, jika kamu sedang bingung mencari kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI halaman 65 Manusia dan Lingkungan, bisa simak hingga akhir.

Ayo perhatikan dengan seksama kunci jawaban buku Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 65 subtema 2 Perubahan Lingkungan.

Pada kunci jawaban ini akan memuat soal beserta jawaban yang bisa membantu adik-adik kelas 5 mengerjakan tugas Tema 8 subtema 2.

Semoga adik-adik bisa terbantu dengan adanya kunci jawaban buku Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 65 subtema 2 Perubahan Lingkungan.

Berikut ini kunci jawaban buku Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SD MI kelas 5 halaman 65 subtema 2 Perubahan Lingkungan, yuk simak baik-baik.

Mula-mula bacalah teks yang berjudul "Siklus Air dan Bencana Kekeringan"

Kemudian jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”?
Jawaban: Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air,  hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah

2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Jawaban: Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, yaitu dari laut, sungai, danau, dan genangan-genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.

3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Jawaban : Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Manusia biasa memanfaatkan air tanah dengan membuat sumur.

4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Jawaban: Air tanah lebih jernih dan bersih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Oleh karena itu manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari dengan membuat sumur.

5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Jawaban : Air permukaan merupakan air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah

6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?
Jawaban : Saat musim kemarau panjang, air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.

Disclaimer: konten ini dibuat untuk membantu orang tua siswa dalam belajar, jawaban di dalam artikel hanya sebagai referensi. Penulis adalah lulusan Perguruan Tinggi bidang Pendidikan.***

Editor: Khoirrotun Nissa

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah