Jokowi Ingin Indonesia Berhenti Impor Obat serta Alat Kesehatan dan Produksi Sendiri di Dalam Negeri

- 29 Desember 2021, 07:17 WIB
Presiden Jokowi Widodo
Presiden Jokowi Widodo /Instagram/@jokowi

Metro Palembang News - Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia harus bisa memproduksi alat kesehatan, obat-obatan, maupun bahan baku obat di dalam negeri.

Jokowi menyampaikan hal tersebut karena ingin agar Indonesia berhenti impor alat dan obat kesehatan.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com dari artikel yang berjudul
Jokowi Beri Ultimatum Kita Harus Berhenti Impor Obat dan Alat Kesehatan

Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Senin, 27 Desember 2021.

"Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita," ujar Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari Sekretariat Presiden.

Menanggapi perkataan Jokowi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir akan memfokuskan Indofarma untuk mengembangkan industri obat-obatan herbal.

“Industri herbal sendiri kita punya kekuatan, memang kita mempunyai alam dan punya kultur mengenai industri herbal ini. Karena itu Indofarma kita akan fokus pengembangan industri herbal pengobatan,” ujar Erick Thohir.

Meskipun begitu, Kimia Farma tetap fokus dalam penyediaan obat generik sebagai akses obat yang terjangkau untuk masyarakat.

Erick menyebutkan produksi obat-obatan ini juga akan didorong untuk menggunakan bahan baku dalam negeri.

Halaman:

Editor: Fahima Andini

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x