Varian Baru Omicron Disebut Dampaknya Tidak Parah dan Tak Perlu Booster, Ahli Uji Coba ke Monyet

- 5 Februari 2022, 20:30 WIB
Varian Baru Omicron Disebut Dampaknya Tidak Parah dan Tak Perlu Booster, Ahli Uji Coba Booster Omicron ke
Varian Baru Omicron Disebut Dampaknya Tidak Parah dan Tak Perlu Booster, Ahli Uji Coba Booster Omicron ke /fernandozhiminaicela

Metro Palembang News - Varian baru Omicron kini sudah mulai memasuki Indonesia secara luas.

Penyebaran Omicron memang cepat, tetapi dampaknya tidak parah dan pemerintah ada wacana untuk memberikan booster pada masyarakat.

Namun, pada penelitian yang melakukan uji coba ke tubuh monyet tidak adanya perbedaan yang nyata terhadap adanya booster.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Amerika Serikat mengisyaratkan bahwa booster khusus Omicron tidak perlu diberikan.

Seperti yang dikutip Metropalembangnews.com dalam portal Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Lakukan Studi pada Monyet, Peneliti Sebut Booster Khusus Omicron Mungkin Tak Diperlukan

Pada penelitian ini, monyet mendapatkan dua dosis vaksin Moderna yang pada bulan kesembilan menerima booster khusus.

Pemberian booster tersebut dilakukan secara khusus dengan menargetkan varian Omicron. Peneliti kemudian menguji berbagai aspek respons imunitas hewan itu.

Peneliti kemudian menemukan bahwa booster menghasilkan peningkatan yang sebanding dan signifikan dalam menetralisir respons antibodi terhadap semua varian yang menjadi perhatian, termasuk varian Omicron.

Sementara itu, Moderna Inc dan BioNTech/Pfizer Inc telah menguji booster khusus Omicron dari vaksin mereka dalam uji coba klinis pada manusia.

Mendengar hal itu, peneliti vaksin di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular yang juga memimpin penelitian tersebut, Daniel Douek pun turut angkat bicara.

Halaman:

Editor: Khoirrotun Nissa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x